Penelusuran

Tuesday, December 13, 2016

Materi UASBN SD Bahasa Indonesia : V. Mengurutkan Gambar Seri

Materi UASBN SD Bahasa Indonesia, materi terakhir untuk UASBN SD Bahasa Indonesia tentang Mengurutkan Gambar Seri, berikut ringkasannya :

V.    Mengurutkan Gambar Seri
Gambar seri adalah rangkaian gambar yang menceritakan suatu peristiwa. Dalam gambar seri, setiap gambar menceritakan satu peristiwa dari rangkaian cerita. Gambar seri dapat disusun secara urut dan membentuk sebuah cerita yang runtut.
Langkah pertama mengurutkan gambar seri yang disusun secara acak yaitu menemukan tema cerita dalam gambar seri tersebut. Setelah menemukan tema cerita, kamu dapat menentukan peristiwa pertama yang mungkin terjadi dalam cerita. Langkah selanjutnya, yaitu menentukan urutan peristiwa lain yang disusun secara logis sehingga membentuk sebuah cerita yang runtut.


Demikian postingan BIMPRI PPT untuk materi Materi UASBN SD Bahasa Indonesia : V. Mengurutkan Gambar Seri, dan sebelumnya juga telah dipostingkan tentang Materi UASBN SD Bahasa Indonesia : U. Menulis Ringkasan, dan selanjutnya juga dipostingkan tentang Materi UASBN Matematika SD
Baca Selanjutnya
logoblog

Materi UASBN SD Bahasa Indonesia : U. Menulis Ringkasan

Materi UASBN SD Bahasa Indonesia, materi ke duapuluh satu ini tentang Menulis Ringkasan, beginilah ringkasannnya materinya :


U.    Menulis Ringkasan
Ringkasan adalah cara menyajikan karangan asli dalam bentuk singkat. Walaupun singkat, ringkasan harus tetap mempertahankan urutan isi serta sudut pandang pengarang asli. Ringkasan yang baik berbentuk karangan. Karangan tersebut terdiri dari beberapa kalimat utuh. Jadi, ringkasan merupakan rangkaian kalimat utuh. Ringkasan dibuat dengan tujuan untuk mempermudah dlam mengetahui isi sebuah tulisan. Cara membuat ringkasan yaitu memahami dengan baik isi bacaan yang akan diringkas, mencatat gagsan utama, dan merangkai gagasan utama dengan kalimat sendiri.
Kalimat ringkasan atau rangkuman merupakan pernyataan yang berupa inti sari dari bacaan. iNti sari bacaan dpat ditemukan berdasrkan ide pokok yang dibahs dalam bacaan. Kalimat ringkasan dapat mewakili isi bacaan.

Demikian postingan untuk kali dari BIMPRI PPT tentang Materi UASBN SD Bahasa Indonesia : U. Menulis Ringkasan, sebelumnya sudah dipostingkan tentang Materi UASBN SD Bahasa Indonesia : T. Menyusun Laporan, Selanjutnya dipostingkan juga tentang :

Baca Selanjutnya
logoblog

Materi UASBN SD Bahasa Indonesia : T. Menyusun Laporan

Materi UASBN SD Bahsa Indonesia, materi keduapuluh ini bertajuk tentang menyusun laporan berikut isi ringkasannya :

T.    Menyusun Laporan
Laporan perjalanan merupakan uraian yang mengungkapkan hal-hal penting dari suatu musibah atau perjalanan. Laporan perjalanan disusun dengan didasari oleh anggapan bahwa apa yang dialami selama perjalanan itu penting dan bermanfaat. Bentuk-bentuk laporan perjalana adalah sebagai berikut.
1.    Perjalanan wisata
2.    Perjalanan dinas
3.    Studi banding
4.    Kunjungan kekerabatan
5.    Petualangan.
Laporan perjalanan hampir sama dengan cerita pendek atau pun novel. Bedanya bahwa cerita yang diangkat dalam laporan perjalanan  diangkat dari sesuatu yang benar-benar terjadi: teralami, tersaksikan, terdengar. Hal-hal yang perlu dikemukakan dalam laporan hasil kunjungan (kegiatan), yaitu sebagai berikut.
1.    Tempat yang dikunjungi
2.    Waktu dan tujuan kunjungan
3.    Hal-hal menarik yang dijumpai selama kunjungan.

Demikianlah postingan kali ini dari BIMPRI PPT tentang Materi UASBN SD Bahasa Indonesia : T. Menyusun Laporan dan sebelumnya telah dipostingkan tentang Materi UASBN SD Bahasa Indonesia : R. Menulis Imbuhan, selanjutnya postingan yang lain dapt dilihat di bawah ini :

Baca Selanjutnya
logoblog

Materi UASBN SD Bahasa Indonesia : S. Mendeskripsikan Gambar dengan Kalimat yang tepat

Materi UASBN SD Bahasa Indonesia, berikut adalah postingan kesebilan belas dengan judul Mendeskripsikan gambar dengan kalimat yang tepat, berikut ringkasanya :

S.    Mendeskripsikan Gambar dengan Kalimat yang Tepat
Mendeskripsikan suatu gambar dengan menggunakan kalimat yang tepat dapat kita lakukan dengan cara memahami gambar dengan benar dan teliti. Setelah itu, baru kita menentukan kalimat yang sesuai dengan isi gambit tersebut. Kita tidak boleh salah dalam memberikan kalimat dalam sebuah gambar, karena apabila salah berarti kita belum sepenuhnya memehami apa maksud dari sebuah gambar tersebut.

Demikian postingan BIMPRI PPT tentang Materi UASBN SD Bahasa Indonesia : S. Mendeskripsikan Gambar dengan Kalimat yang tepat, sebelumnya sudah dipostingkan tentang Materi UASBN SD Bahasa Indonesia : R. Menulis Imbuhan,, selanjutnya akan dipostingkan tentang :

Baca Selanjutnya
logoblog

Materi UASBN SD Bahasa Indonesia : R. Menulis Imbuhan

Materi UASBN SD Bahasa Indonesia , materi yang kedelapan belas ini berjudul Menulis Imbuhan, berikut ringkasan materinya :

R.    Menulis Imbuhan
Kata berimbuhan adalah kata yang menggunakan imbuhan. Imbuhan dalam bahasa Indonesia jumlahnya bermacam-macam. Secara garis besar imbuhan tersebut dibagi ke dalam beberapa jenis.
1.    Awalan, adalah imbuhan yang diikatkan di depan bentuk dasar.
Contoh: awalan ber-, ter-, pe-.
2.    Sisipan, adalah imbuhan yang diikatkan di tengah bentuk dasar.
Contoh: -el-, -em-, -er-.
3.    Akhiran, adalah imbuhan yang diikatkan di belakang bentuk dasar.
Contoh: imbuhan men-, di-,

Demikian postingan BIMPRI PPT tentang Materi UASBN SD Bahasa Indonesia : R. Menulis Imbuhan, sebelumnya telah kami postingkan tentang Materi UASBN SD Bahasa Indonesia : Q. Menulis Petunjuk Pemakaian, selanjutnya kami postingkan tentang :

Baca Selanjutnya
logoblog

Materi UASBN SD Bahasa Indonesia : Q. Menulis Petunjuk Pemakaian

Materi UASBN SD Bahasa Indonesia, untuk materi ketujuhbelas ini berjudul menulis petunjuk pemakaian, silahkan baca ringkasannya dibawah ini

Q.    Menulis Petunjuk Pemakaian
Penjelasan yang baik harus dilakukan secara urut agar orang lain dapat memahami dengan jelas. Berikit adalah penggunaan setrika listrik.
1.    Siapkan meja atau tempat untuk menyetrika dan tempat untuk meletakkan  setrika panas.
2.    Periksa setrika, apakah ada kabel yang lecet. Bila ada yang lecet, kabel itu harus diperbaiki terlebih dahulu.
3.    Masukkan stekker ke stop kontak. Bila lampu indicator/ penala pada setrika menyala hal itu berarti setrika sudah teraliri arus listrik
4.    Bila sudah siap, putar pengatur panas/ suhu sesuai dengan yang dikehendaki.
5.    Apabila kemudian lampu indicator/ penala padam berarti suhu/ panas yang dikehendaki sudah tercapai. Dengan demikian, setrika sudah siap untuk digunakan.
6.    Bila sudah selesai digunakan, cabutlah steker (bukan kabel yang ditarik ) dari stop kontak.
7.    Letakkan setrika panas tersebut di tampat yang aman.

Demikian postingan BIMPRI PPT tentang Materi UASBN SD Bahasa Indonesia : Q. Menulis Petunjuk Pemakaian, sebelumnya telah di posting tentang Materi UASBN SD Bahasa Indonesia : P. Menulis Surat, Selanjutnya dapat dilihat di bawah ini
Baca Selanjutnya
logoblog

Materi UASBN SD Bahasa Indonesia : P. Menulis Surat

Materi UASBN SD Bahasa Indonesia, Materi keenambelas berisi tentang Menulis Surat , berikut ringkasanya :

P.    Menulis Surat
Surat adalah kertas yang bertulis dengan berbagai tujuan. Berdasarkan sifatnya, surat terdiri atas surat resmi dan surat pribadi. Surat resmi berbeda dengan surat pribadi. Bahasa yang digunakan dalam surat resmi adalah bahasa yang baku. Selain itu, ada beberapa aturan lain yang membedakan surat resmi dengan surat pribadi.  Surat resmi adalah surat yang dikeluarkan oleh organisasi atau lembaga tertentu. Surat resmi yang baik disusun dengan sistematika dan bahasa yang baku. Surat resmi berhubungan dengan kegiatan-kegiatan, seperti undangan rapat dan permohonan izin. Surat resmi harus ditulis dengan bahasa baku dengan pilihan kata yang tepat, kalimat yang jelas, dan mudah dipahami. Bagian-bagian surat resmi adalah sebagai berikut.
1.    Kepala surat
2.    Tanggal penulisan surat
3.    Nomor surat
4.    Lampiran
5.    Perihal
6.    Alamat yang dituju
7.    Salam pembuka
8.    Batang tubuh surat, terdiri atas
a.    pembukaan,
b.     isi,
c.     penutup.
9.    Salam penutup
10.    Tanda tangan, nama terang pembuat surat, dan NIP (jika ada)
11.    Tembusan

Demikian untuk postingan BIMPRI PPT kali ini tentang Materi UASBN SD Bahasa Indonesia : P. Menulis Surat, sebelumnya juga telah dipostingkan tentang Materi UASBN SD Bahasa Indonesia : O. Menulis Teks Pidato, Selanjutnya bisa dilihat di bawah ini

Baca Selanjutnya
logoblog

Materi UASBN SD Bahasa Indonesia : O. Menulis Teks Pidato

Materi UASBN SD Bahasa Indonesia, Materi Ke limabelas ini berisi materi Menulis teks pidato yang ringkasan materi seperti ini :

O.    Menulis teks pidato
Pidato merupakan kegiatan berbicara. Berpidato bisa dilakukan berdasarkan teks/naskah pidato (yang sudah disiapkan sebelumnya), berdasarkan catatan tentang garis besar isi pidato, ada pula yang serta merta, tanpa teks. Bagi pemula, dalam berpidato sebaiknya menggunakan teks/naskah pidato agar lancar. Teks pidato dapat disusun dengan cara sebagai berikut.
1.    Menentukan tema pidato
Tema disesuaikan dengan peristiwa yang melatarbelakangi pidato. Misalnya, untuk acara perpisahan, kamu bisa menyampaikan tema “Berterima kasih kepada Bapak-bapak/Ibu-ibu Guru”.
2.    Mendaftar pokok-pokok isi yang akan disampaikan dalam pidato.
3.    Menentukan tujuan pidato.
Tujuan pidato bermacam-macam, misalnya untuk mengemukakan atau menyampaikan sesuatu, menghibur, menjelaskan sesuatu atau mempengaruhi pendengar.
4.    Menyusun kerangka pidato.
Kerangka pidato terdiri atas pendahuluan, isi, dan penutup.
a.    Pendahuluan, berisi salam pembuka, ucapan syukur kepada Tuhan, ucapan terima kasih kepada berbagai pihak yang terkait, dan tujuan pidato.
b.    Isi pidato berisi uraian materi pidato. Isi pidato harus sesuai dengan tema.
c.    Penutup, berisi kesimpulan, saran, kritik, harapan-harapan, ucapan terima kasih, permohonan maaf, dan salam penutup.
5.    Mengembangkan kerangka pidato menjadi naskah pidato.

Demikian postingan dari BIMPRI PPT untuk  Materi UASBN SD Bahasa Indonesia : O. Menulis Teks Pidato, sebelumnya telah dipostingkan tentang Materi UASBN SD Bahasa Indonesia : N. Menulis Iklan, Selanjutnya BIMPRI PPT posting tentang :

Baca Selanjutnya
logoblog

Materi UASBN SD Bahasa Indonesia : N. Menulis Iklan

Materi UASBN SD Bahasa Indonesia, Materi keempatbelas ini berjudul Menulis Iklan, berikut materinya :

N.    Menulis Iklan
Iklan adalah berita pesanan untuk mendorong dan membujuk khalayak ramai agar memiliki atau memenuhi permintaan di dalam iklan. Iklan biasa bersifat mempengaruhi pendengar atau pembacanya. Jadi sebaiknya kalimat iklan disajikan secara singkat. Jika kalian cermati, bahasa yang digunakan dalam iklan mengandung fakta dan opini. Fakta adalah peristiwa atau kejadian yang kenyataannya tidak diragukan. Fakta dalam iklan mencakup identitas produk yang ditawarkan, komposisi, kegunaan, dan sarana penggunaan secara lengkap. Selain mengandung fakta produk, iklan juga mengandung opini. Opini merupakan kalimat yang digunakan untuk menarik minat pembeli. Pemasang iklan tidak boleh memberikan opini dengan melebih-lebihkan produk. Opini harus didukung fakta-fakta yang ada di dalam produk. Ciri-ciri opini adalah disajikan dengan bahasa yang persuasif.
Demikian yang dapat BIMPRI PPT postingkan tentang Materi UASBN SD Bahasa Indonesia : N. Menulis Iklan, sebelumnya admin telah postingkan tenatang Materi UASBN SD Bahasa Indonesia : M. Menggunakan atau Menyunting Kata Depan Selanjutnya bisa dilihat dibawah ini

Baca Selanjutnya
logoblog

Materi UASBN SD Bahasa Indonesia : M. Menggunakan atau Menyunting Kata Depan

Materi UASBN SD Bahasa Indonesia, Materi ketigabelas ini berisikan materi tentang Menggunakan atau menyunting kata depan, berikut ringkasanya:


M.    Menggunakan/Menyunting Kata Depan
Kata depan adalah kata yang berfungsi sebagai unsur kehadirannya selalu berada di depan kata lainnya. Berikut beberapa contoh kata depan.
1.    Bagi             5.    Dengan   
2.    Untuk            6.    Dari
3.    Buat            7.    Ke
4.    Guna            8.    Oleh
Demikian BIMPRI PPT tentang Materi UASBN SD Bahasa Indonesia : M. Menggunakan atau Menyunting Kata Depan, sebelumnya sudaha saya postingkan tentang Materi tentang Materi UASBN SD Bahasa Indonesia : L. Menulis Pengumuman ,Selanjutnya silahkan lihat di bawah ini tentang materi yang lainnya
Baca Selanjutnya
logoblog