Penelusuran

Monday, December 19, 2016

Materi UASBN SD IPA : 23. Pengaruh Suhu

Baca Juga

Materi KeDuapuluh Tiga dari kisi-kisi UASBN IPA SD untuk kelas 6  yang berjudul Materi UASBN SD IPA : 23. Pengaruh Suhu, isi dari postingan ini adalah Materi UASBN IPA kelas 6 Materi UASBN SD IPA, . Ringkasan ini bertujuan agar dapat dipelajari oleh sisiwa siswi kelas 6 SD dalam menyambut UASBN 2016-2017. sehingga adik-adik kelas 6 dapat mengerjakan soal UASBN.


23.      Pengaruh Suhu

Pemuaian panas adalah perubahan suatu benda yang bisa menjadi bertambah panjang, lebar, luas, atau berubah volumenya karena terkena panas (kalor). Sedangkan penyusutan adalah perubahan suatau benda yang menjadi berkurang panjang lebar dan luas karena terkena suhu dingin.

1)        Pemasangan kaca jendela.
Tukang kayu merancang ukuran bingkai jendela yang sedikit lebih besar daripada ukuran sebenarnya. Hal ini dilakukan untuk memberi ruang muai bagi kaca saat terkena panas. Apabila desain jendela tidak diberi ruangan pemuaian, maka saat kaca terkenapanas akan mengakibatkan kaca retak/pecah.
2)        Celah pemuaian pada sambungan jembatan
Sambungan antara dua jembatan beton/baja terdapat celah di antaranya. Hal ini bertujuan agar jembatan tersebut tidak melengkung saat terjadi pemuaian.
3)        Sambungan rel kereta api
Sambungan rel kereta api dibuat ada celah diantara dua batang rel tersebut. Hal ini bertujuan agar saat terjadi pemuaian tidak menyebabkan rel melengkung.
4)        Kawat telepon atau kawat listrik
Kawat telepon atau kawat listrik dipasang kendor. Hal ini dilakukan dengan maksud, mencegah kawat putus pada malam hari karena kawat telepon atau listrik mengalami penyusutan.
5)   Penggunaan thermometer
Apabila thermometer ditempelkan ke tubuh kita maka cairan yang ada didalamnya akan naik karena memuai terkena panas tubuh kita, sebaliknya saat dilepas akan turun.

6)   Ban sepeda
Ban sepeda yang dipompa kemudian terkena panas terus menerus akan meletus karena udara yang ada di dalam memuai
7)   Membuka tutup botol minuman
Untuk bisa membuka tutup botol minuman dengan mudah dengan cara memanaskan botol tersebut sehingga udara di dalam botol memuai dan menekan tutup botol sehingga tutup botol mudah dibuka.
8)        Memisahkan gelas yang menyatu
Apabila 2 buah gelas menyatu sehingga susah dipisahkan, maka dapat dilakukan tindakan memanaskan gelas tersebut. Pemanasan menyebabkan gelas bagian luar memuai lebih dahulu sehingga gelas yang bagian dalam mudah diambil

Demikian postingan ke 23 UASBN IPA tentang Materi UASBN SD IPA : 23. Pengaruh Suhu
logoblog

Ditulis Oleh : Unknown ~ Situs yang berisi Contoh Materi Soal Ujian Semester Sekolah dan informasi tentang Pendidikan

Christian angkouw Sobat sedang membaca artikel tentang Materi UASBN SD IPA : 23. Pengaruh Suhu. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Get this widget ! ::

No comments:

Post a Comment