Baca Juga
1. Tujuan penyelenggaraan sidang BPUPKI tanggal 29 Mei –1 Juni 1945 adalah untuk membahas tentang ….
a. bentuk negara Indonesia c. bentuk pemerintahan Indonesia
b. dasar negara Indonesia d. rancangan Undang-Undang Dasar
2. Tujuan penyelenggaraan sidang BPUPKI tanggal 10-17 Juli 1945 adalah untuk merancang
a. Dasar Negara Indonesia Merdeka c. Piagam Jakarta atau Jakarta Charter
b. Rancangan Undang-Undang Dasar d. Batang Tubuh UUD
Mau download soal klik link ini DOwnload soal UTS kelas 8 IPS
Mau download soal klik link ini DOwnload soal UTS kelas 8 IPS
3.Rumusan Pancasila yang autentik dan sah secara hukum adalah ….
a. terdapat pada piagam Jakarta
b. sesuai dengan konsep yang diajukan Ir. Soekarno
c. rumusan yang disahkan PPKI tanggal 18 Agustus 1945
d. Sesuai dengan konsep yang diajukan Mohammad Yamin
4. Rancangan dasar Negara yang mirip dengan bunyi butir-butir Pancasila yang berlaku saat ini diambil dari
a. pidato Ir. Soekarno c. Piagam Jakarta
b. pidato Mr.Moh.yamin d. batang tubuh UUD 1945
5.Panitia persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) dib a. 1 Maret 1945 b. 28 April 1945 c. 10 Juli 1945 d. 7 Agustus 1945
6. Perbedaan nyata isi Pancasila yang tercantum pada alenia keempat pembukaan UUD 1945 dengan Piagam
Jakarta, khususnya terletak pada sila …
a. ke –1 b. ke –2 c. ke –3 d. ke –4
Mau download soal klik link ini DOwnload soal UTS kelas 8 IPS
7. Dokumen yang berhasil disusun oleh Panitia Sembilan yang diketuai oleh Ir. Soekarno pada tanggal 22
Juni 1945 dikenal dengan nama | …. | ||
a. Piagam Charter | b. Atlantik Charter | c. Piagam Jakarta | d. Pancasila |
8. Faktor yang melatarbelakangi Jepang berjanji akan memberi kemerdekaan kepada bangsa Indonesia kelak dikemudian hari adalah ….
a. terjadinya perlawanan rakyat Indonesia diberbagai daerah
b. adanya keinginan Jepang untuk bekerja sama
c. Jepang tidak ingin bangsa Indonesia menderita
d. Kekalahan Jepang dalam Perang Pasifik
9. Adanya BPUPKI dan PKI sangat bermanfaat bagi bangsa Indonesia
a. menumbuhkan semangat menghadapi tentara sekutu yang ke Indonesia
b. Meningkatkan semangat perjuangan merebut kekuasaan dari tangan Jepang
c. menjalin kerja sama bangsa Indonesia dengan pemerintah Jepang
d. mempersiapkan bangsa Indonesia untuk mencapai Indonesia merdeka
10. Tokoh yang mengusulkan konsep dasar Negara Indonesia
a. Mr. Achmad Subarjo c. Mr. Sartono
b. Mr. Moh.Yamin d. Mr. Iwa Kusuma Sumantri
11. Tindakan yang dilakukan oleh golongan pemuda setelah mengetahui berita menyerahnya Jepang kepada sekutu adalah ….
a. segera melakukan pelucutan senjata terhadap pasukan Jepang
b. mendesak kepada Soekarno –hatta untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia
c. Meminta kepada Soekarno –Hatta untuk melakukan sidang PPKI
d. Menghancurkan markas-markas pasukan Jepang di Indonesia
12. Penyebab keterlambatan penyebarluasan berita Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di luar Pulau Jawa, antara lain …
a. kedatangan pasukan sekutu di Indonesia
b. masih banyaknya pasukan Jepang yang berada diluar Pulau jawa
c. sarana tansport dan komunikasi yang kurang memadai
d. sering terjadinya bentrokan antara para pemuda Indonesia dengan pasukan Jepang
13. Kalimat kedua dalam konsep Proklamasi Kemerdekaan Indonesia merupakan
a. kehendak bangsa Indonesia untuk menentukan nasibnya sendiri
b. terbentuknya pemerintahan baru di Indonesia
c. kehendak bangsa Indonesia untuk merdeka
d. pengalihan kekuasaan
Mau download soal klik link ini DOwnload soal UTS kelas 8 IPS
14.Salah seorang tokoh pemuda yang berperan dalam peristiwa upacara Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
17 Agustus 1945 adalah …..
a. Suhud c. Sutarjo kartohadikusumo
b. Suwadi Suryaningrat d. Supriyadi
15. Soekarno-Hatta menolak tuntutan golongan pemuda untuk segera memproklamasikan kemerdekaan
Indonesia karena …..
a. Jepang belum sepenuhnya menyerah kepada sekutu
b. Pelaksanaan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia membutuhkan biaya yang besar
c. Soekarno-Hatta akan membicarakan masalah Proklamasi dalam rapat PPKI lebih dahulu
d. Bangsa Indonesia belum siap untuk mempunyai pemerintahan sendiri
16. Badan yang pertama kali menetapkan dan mengesahkan UUD 1945 adalah
a. BPUPKI b. KNIP c. MPR d. PPKI
17. Keputusan yang dihasilkan dalam sidang PPKI tanggal 18 Agustus adalah
a. pembagian wilayah RI menjadi delapan provinsi
b. pembentukan Komite NasionalIndonesiaPusat
c. Menetapkan dasar Negara Republik Indonesia
d. menetapkan PNI sebagai satu-satunya partai politik di Indonesia
18. Kedudukan KNIP yang dibentuk berdasarkan hasil sidang PPKI tanggal 22 Agustus 1945 sebagai
pelaksana kedaulatan rakyat terlihat dari ….
a. keanggotaan KNIP yang berasal dari berbagai partai politik
b. pembentukan KNIP secara demokratis
c. kedudukan KNIP yang sejajar dengan Presiden
d. wewenang KNIP menetapkan GBHN sebelum MPR terbentuk
19. Pada tanggal 18 Agustus 1945 PPKI melakukan tindakan penting bagi kelangsungan kehidupan
bernegara di Indonesia setelah diproklamasikannya Kemerdekaan
a. Menetapkan dan mengesahkan UUD RI
b. menetapkan pembentukan Badan keamanan rakyat
c. menetapkan pembagian wilayah di Indonesia
d. Membentuk cabinet pertama di Indonesia
20. Latar belakang terjadinya pertempuran lima hari
a. Tentara sekutu meracuni cadangan air minum di Semarang
b. penembakan terhadap Dr. Karyadi oleh pasukan Jepang
c. pendudukan pasukan Jepang atas wilayah Semarang
d. Jepang menolak perlucutan senjata yang diakukan oleh para pemuda di Semarang
21. | Bertemunya dua budaya berbeda saling menyatu membentuk kebudayaan baru disebut …. | |||
a. Akomodasi | b. Akulturasi | c. Asimilasi | d. Kerjasama | |
22. | Persaingan antar individu untuk mencari keuntunga | |||
a. Competition | b. Conflict | c. Conciliation | d. Adjudication | |
23. | Adanya tantangan yang sama dari luar, akan menyeba | |||
a. Asimilase | b. Akulturasi | c. Kooperasi | d. Akumudasi | |
24. | Berikut ini merupakan bentuk hubungan disosiatif/ | |||
a. kooptasi | b. konflik | c. persaingan | d. kontraversi | |
25. | Contoh bentang alam/kondisi geografis yang mendukung kegiatan nelayan | |||
a. pegunungan tinggi | b. dataran rendah pantai | c. banyaknya jalan tol | d. daerah perbukitan | |
26. | Tujuan utama orang melakukan hubungan sosial dalam masyarakat adalah | |||
a. mendapatkan pengakuan | c. memperoleh ketenaran | |||
b. memenuhi kebutuhan | d. mendapatkan rasa aman |
27. | Salah satu dampak negatif akibat hubungan social | |||||
a. mengembangkan tenggang rasa | c. wawasan bertambah | |||||
b. kebutuhan mencukupi | d. muncul fanatisme berlebihan | |||||
28. | Jenis pranata sosial yang bertujuan mengawasi adat istiadat dalam masyarakat disebut …. | |||||
a. Operatife Institution | b. Basic Institution | c. Regulativ Institution | d. General Institution | |||
29. | Berikut ini merupakan lembaga-lembaga yang lahir dari pranata pendidikan | |||||
a. kursus-kursus | b. sekolah umum | c. penerbit buku | d. Institute | |||
30. | Membentuk warga Negara yang patriotisme dan nasionalisme merupakan fungsi …. | |||||
a. pranata politik | b. pranata pendidikan | c. pranata agama | d. pranata ekonomi | |||
31. Berikut ini yang termasuk kegiatan dalam pranata
a. sikap sopan santun terhadap orang tua
b. berbuat baik kepada sesame manusia
c. menebangi hutan memilih kayu yang sudah tua
d. membantu teman yang mengalami kesulitan
32. Berikut ini merupakan fungsi nyata pranata sosial
a. perkawinan untuk menutupi rasa malu
b. keluarga sebagai tempat pengenalan nilai-nilai luhur
c. pranata ekonomi mengatur sistem produksi, distribusi dan konsumsi
d. Agama mengatur hubungan baik sesame manuisia dan dengan Tuhan
33. Berikut ini adalah contoh pranata umum, kecuali …
a. pranata agama b. pranata Negara c. pranata keluarga d. pranata Kristen
34. Bentuk pranata sosial yang sengaja dibentuk untuk
a. Enacted Institution c. Operative Institution
b. Ressive Institution d. Regulative Institution
Mau download soal klik link ini DOwnload soal UTS kelas 8 IPS
Mau download soal klik link ini DOwnload soal UTS kelas 8 IPS
35. Pranata agama merupakan sebuah pranata yang aturan-aturannya bersumber dari …
a. wahyu b. Ideologi Negara c. UUD suatu Negara d. tokoh agama
36. Keluarga merupakan pranata pertama dan utama, sebab……
a. keluarga merupakan lembaga masyarakat terkecil
b. dalam keluarga anak mendapat pendidikan pertama dan waktunya lama
c. hanya keluarga yang mampu menanamkan kepribadian anak
d. keluarga lebih berpengaruh daripada lingkungan yang lain
37. Salah sdatu masalah yang timbul jika keluarga tidak berfungsi
a. kenakalan anak b. kebodohan anak c. anak menjadi kuper d. anak sering sakit
38. Papan tulis, meja, dan kursi merupakan alat dalam pranata
a. kepolisian | b. pendidikan | c. agama | d. keluarga | |
39. | Lembaga politik yang bertugas sebagai pelaksanan | |||
a. legislative | b. kehakiman | c. yudikatif | d. eksekutif | |
40. | Kegiatan pemasaran, perdagangan dan jual beli diadakan dalam pranata | |||
a. agama | b. hukum | c. ekonomi | d. pendidikan |
Ditulis Oleh : Unknown ~ Situs yang berisi Contoh Materi Soal Ujian Semester Sekolah dan informasi tentang Pendidikan
Sobat sedang membaca artikel tentang Kisi-kisi soal UTS IPS Semester 2 Kelas 8. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya
No comments:
Post a Comment