BIMBINGAN BELAJAR
PUSAT PEMBELAJARAN TRI
TAHUN PELAJARAN 2016-2017
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg96bMP5qQ7UnNpDvYToLA4TRKW9eBelOwrg85C68gJKUrV6w53axbQcyEXxzHReu1NAGBpynStyVHKHRT6E37xTPxJC2f_OnQLXd41oA13A8G50hhTRqi-LGLHgsvSnlx4KbVXB79YuiBF/s640/uts1.jpg)
A. Untuk soal nomor 1 hingga 30 pilihlah salah satu jawaban yang tepat dan benar dengan memberi tanda silang (x) pada salah satu huruf a, b, c atau d pada lembar jawaban!
1. Hasil penjumlahan dari 2x2 +3x – 5 dan x2 – 2x + 3 adalah ..........
a. 3x2 +2x – 8 c. 3x2 + x – 2
b. 3x2 + 5x – 2 d. 2x2 + x – 2
2. Hasil pengurangan 3x + 15 dari 8x – 10 adalah.......
a. 5x + 25 c. 5x – 25
b. – 5x + 5 d. 5x + 5
3. Hasil dari (4x + 3)(2x + 5) adalah......
a. 8x2 + 15 c. 8x2 – 20x +15
b. 8x2 +14x +15 d. 8x2 +26x + 15
4. Hasil dari (2x + 6)(x2 +3x + 2) adalah......
a. -2x3 + 12x2 +22x +12 c. 2x3 + 12x2 +5x +12
b. 3x3 + 12x2 +22x +12 d. 3x3 + 12x2 +22x +12
5. Hasil dari 16x4y3z2 : 8x3y2z adalah......
a. 2xyz c. 2x2y5z3
b. 8xyz d. 8x7y5z3
6. Penjabaran dari (5x – 3)2 adalah .....
a. 5x2 – 30x +9 c. 5x2 – 25x +9
b. 25x2 – 30x +9 d. 25x2 – 30x – 9
7. Hasil pemfaktoran dari 5x + 10y – 15z adalah.......
a. 5(x + y – z) c. 5(x + 2y – 3z)
b. 5x(2 y – 3z) d. 5(xyz)
Baca Juga ; Paragraf Descriptive
8. Hasil pemfaktoran dari 9x2 – 25y2 adalah.......
a. (3x – 5y)(3x – 5y) c. (3x + 5y)(3x + 5y)
b. (3x – 5y)(3x + 5y) d. (9x – 25y)(9x + 25y)
9. Hasil pemfaktoran dari x2 – 8x +16 adalah......
a. (x – 4)(x – 4) c. (x + 4)(x – 4)
b. (x – 2)(x – 8) d. (x + 4)(x + 4)
10. Hasil pemfaktoran dari x2 +6x – 27 adalah......
a. (x – 3)(x – 9) c. (x + 3)(x – 9)
b. (x + 3)(x + 9) d. (x + 6)(x – 27)
11. Pemfaktoran dari 3x2 +11x – 4 adalah....
a. (3x – 1)(x – 4) c. (3x + 1)(x – 4)
b. (3x – 1)(x + 4) d. (3x + 1)(x + 4)
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjKbUvah6uOTE1CfpzP0EzeD5SSEjr-rlGENRLaE4no6ML7-cj_I13eG2Yn9xicuqis6dOfdinSGYnVIWNRWGEBZsR0xqCzuqL7mc4lUFCZkoObh9JZmoqY9GdfsG9GRdXXi6i09DYqGmNP/s400/uts2.jpg)
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiaGqy0UxMj6RIlF8PK-j5yYl-QOiMqm5Va0_P90Paob1qWnpzcdYruD_qBJP-NxTQupc0vesw6V5WAyFVwhaiUBNhmnBzJ1iXSNwuv2PPBQ1EGT9MbiJNXFyZ319Y1ysGXtb3dsOqlptdU/s400/uts3.jpg)
a. (x – 6)(x +3) c. (x + 6)(x +3)
b. (x – 6)(x – 3) d. (x + 6)(x – 3)
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjg05nAbSz7yGAPKEBv1xO701nzW0_2wdHLBTGbZKgaJQfoHc-jiguuTHRWTWqZLriX7O3wUBtMD-kXhsMMbvyqKgEu-o_1yY8TAbfx8DzB8FPfeXnSPMc0rtWG2DTcXsjA-gzxdbQCoQft/s400/uts4.jpg)
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjrf1ayJ-PbDtaSbnVU_9URSvSPW2-5xtfFfALA8dbtUSFAOSozfmTzVUqYo_wwj2yxmEKxhqW5x3yLnAZHq6B81q4O47upEHhV-az_IrRhR4OwMeiZM1ut9OzEqhz9RQYaFGjm0g1_731z/s400/uts5.jpg)
a. x + 8 c. x – 4
b. x – 2 d. x + 1
16. Relasi himpunan A ke himpunan B adalah….
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiNFyAPJqT1xwkaWFsdq66TCq-YlDhrs9VKAXl4SLzT1FVBdSh3XkKeBkrLswrTqHFfojMGqhSHMaojQtoUKTrOzlSPvwT-rUKVS6LTRnHOSG_T5k_PyO9qFwBfXOsiHCTlA1FwNt3i71Ji/s1600/uts6.jpg)
a. kurang dari c. faktor dari
b. lebih dari d. setengah dari
17. diagram panah dibawah ini yang merupakan fungsi adalah
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjW9c67Nnb0Nll8UNefGEruNurd_rm7uve-8bmenr5TxMytzclKtcPX9A1uOZ0jmGBSU4egCMm1YkpKfuAQOYgt9eYcAHKJJli0xb7G30nLHjOM0TSg2BJ0Ad6fmJINtTSrnISP_tBouxAX/s1600/uts7.jpg)
a. I dan II c. I dan III
b. I dan IV d. III dan IV
18. Diketahui fungsi sebagai berikut :
Range dari fungsi tersebut adalah…..
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgPPhckO53jzUbhXheD_avBkf9zAwy8UOpJ_SB6TP_s6Lx7QQshN457r1s5eO4U3teYojZ2MxyIdXPxNBaj-yeSNzIlWSWa3wWS6drkddM_6QFyM6VLn-21iBt3d55qkAiTHBZ7n7ZJQoYh/s1600/uts8.jpg)
a. {1,2,3} c. {a,,b,c,d,e}
b. {a,e} d. {b,c,d}
19. Diketahui fungsi f(x) = 2x2 + 5 dan domainnnya =
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjycLB13g6Ys97pfkUb-yD_PEzm9soC9FsgCzv0q61nAX-k1lcDO3DFWhftBpbh4xwgBKY5ufuLD-yCZDMjWN8o5vb5s3kRFHL02hvImj-gCHNrQVzdPERLZ1JoqSuuVwziBLFmT2QMbLbr/s1600/uts9.jpg)
a. {5,7,13} c. {0,5,7,13}
b. {-2,-1,0,1,2} d. {-5,-7,-13}
20. Diketahui f : x 3x2 + 2 . Bayangan -3 oleh fungsi tersebut adalah…..
a. 25 c. 27
b. 29 d. 81
21. Himpunan pasangan berikut yang menyatakan fungsi f(x) = x2 + 1 dengan daerah asal
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgWBV8Pt8uocpVC-r6aTuZmx_1Jl-_-1EPAA0aLQMOMKogllJW9kaZRwbjo9gXg1GzniV9q7hsAa23QXUBnn3uNNRC1WF5L_W2NgjARBF9MqWpUPTJFAietCZGoSyyqsSPg77P9dBT_vl0Z/s1600/uts10.jpg)
a. {(0,1), (1,2), (2,3), (4,5) } c. {(1,4), (2,7), (3,10), (4,13) }
b. {(1,2), (2,9), (3,28), (4,65) } d. {(0,1), (1,4), (2,7), (3,10), (4,13) }
22. Diketahui f(x) = 5x – 3 dan f(a) =17, maka nilai a yang memenuhi adalah…..
a. 1 c. 2
b. 3 d. 4
23. Diagram panah fungsi f(x) = 3x -1 adalah sebgai berikut :
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjehdF2pIuiwyE_Gff3xrrigMtBTsBiGq4eCslw7ZoXCRfKMw6mC38XDYfQLPoiOmNvl4GTkqGabJYYBcDT3dX860h9oiIdo9wm2C_vfJKGAAzjl8qixG5wgO09AkFpcjmjOCAb70XvMILh/s1600/uts11.jpg)
Nilai a adalah…..
a. 2 c. 4
b. 6 d. 8
24. Hasil fungsi dalam himpunan pasangan berutan { (1,2), (2,4), (3,6), (4,8) }. Rumus fungsi yang tepat untuk fungsi itu adalah…..
a. f(x) = 2x c. f (x) = x
b. f (x) = ½ x d. f (x) = 3x
25. Diketahui : A = {a,b,c} dan B = {1,2}
Banyak pemetaan yang mungkin dari himpunan A ke himpunan B adalah…
a. 4 c. 6
b. 8 d. 9
26. Rumus fungsi f adalah f (x) = 2x – 3 , maka bentuk paling sederhana dari f(x + 1) adalah…..
a. 2x – 1 c. 2x + 1
b. 2x – 2 d. 2x + 2
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjlJUaRfqmxqsz1Gtuo5OdiYC-TDjBUxeOyaV-tIfZiG7e4jn9T7hoAFtzxH6-y8W1Jz9Ue7BU0GS68JcFoixTuq5qovobhhPly8Ir_xKDI5HrtEhoUBG2ciadDcTE1o90itGxr8IHgN1PP/s320/uts12.jpg)
28. Grafik dari sebuah fungsi f dengan daerah asal { 0,1,2,3,4 } adalah….
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgD9nhwl_lcmiHOr6HP1eMT8HEXd-HBBwRt_SVYcbjh2eblHOSnhnaBT6P2_b6CeoXQQ17RGTtSvsts6-q_ZuUpFPCHfBHILUcrMMjQ_uEy8K3yErYwcWwyew5p2i4WgsBZKE3R79oKp05J/s1600/uts13.jpg)
Rumus fungsi grafik fungsi f adalah….
a. (x) = x + 5 c. f (x) = 5 – x
b. f(x) = x + 1 d. f(x) = x – 1
29. Diketahui himpunan C = { huruf Vokal dalam abjad} ,
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiZbM_za4bs3JALb0zNBRWS3W7igCF5cPdO_Nxa967kHC8Psong8joaMKBznO-X3Zqmv-ECiagcsWtII2zwK-90ZezrJU0aVlwaF1_8J3SeMkQlENZNi-uxvpDXPmUc5JWelTLF_LZSz-tw/s400/uts14.jpg)
Himpunan yang bias berkorespodensi satu-satu adalah….
a. C dan D c. E dan F
b. C dan F d. D dan F
30. Diketahui : A = {1,2,3} dan B = {a,b,c} . Banyak korespodensi satu-satu yang mungkin dari himpunan A ke himpunan B adalah….
a. 3 c. 4
b. 6 d. 8
B. Untuk Soal Nomor 31 sampai dengan 35 jawablah dengan singkat dan jelas !
1. Jabarkan dan Sederhanakan bentuk aljabar suku dua (x + 3)3 !
2. Tentukan hasilnya dalam bentuk yang paling sederhana dari
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhOqQ66wwW9z-WSK5SkUcruogeBspSi8YQz5u6RNPN3T9-snyfeMup7xXOMxTtNDQbNg3TqO0siRHES4biijmu8BoV0_mmprIeU9Z6b4sNp68_4KgGFchaLfvjb2qckf3mI7m00YrlUbJr_/s1600/uts15.jpg)
3. Sederhanakan
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEisR5fMJaMd1HOQPLvBnNIevozYXrDpMW16J0gHI_AWQoQGV_ds1gRVLEAk69bomOfCm7JoXghBgG-d0eNEXWx11HB7fr7TqsGjMA1L5IMEYhmfPrlt6_I39_oHXKO34K_1GPo4oB2fYP1j/s1600/uts16.jpg)
4. Diketahui A = { 1,2,3,4} dan B = { 2, 4, 6}
Nyatakan relasi factor dari himpunan A ke himpunan B dalam bentuk :
a. Diagram Panah
b. Diagram Kartesius
c. Himpunan Pasangan Berutan
5. Diketahui f(x) = ax + b, dan f(4) = 5 , f(2) = -7. Tentukan
a. Nilai a dan b !
b. Rumus fungsi f(x)!
c. nilai f(7)=…